Minggu, 17 Februari 2013

Jurusan di UI



Penjelasan Tentang Jurusan yang ada di Universitas Indonesia

1. Fakultas Kedokteran ( FK )
Jenjang S1
Program Studi Pendidikan Dokter terdapat Program Sarjana Reguler dan Program Sarjana Kelas Khusus Internasional bekerjasama dengan The University of Melbourne dan Monash University dilanjutkan dengan program pendidikan profesi jenjang pertama/dokter.
Jenjang S2 (Magister)
Program Magister dibagi menjadi beberapa jurusan dimana terdapat
1. Program Studi Ilmu Biomedik dengan kekhususan : Anatomi, Biokimia, Biologi Kedokteran, Farmakologi, Fisiologi, Histologi, Imunologi, Mikrobiologi, Parasitologi, Patobiologi, Sciences Reproduksi Kedokteran, Sciences Transfusi, Onkologi
2. Program Studi Ilmu Gizi dengan Kekhususan : Ilmu Gizi Klinik, Ilmu Gizi Komunitas
3. Program Studi Kedokteran Kerja dengan Kekhususan peminatan: Kedokteran Kerja, Penerbangan, Kedokteran Hiperbarik
4. Program Pendidikan Magister Kedokteran Profesi Jenjang kedua Dokter (Spesialis I) dengan program studi:
1. Anestesiologi
2. Ilmu Bedah
3. Ilmu Penyakit Dalam
4. Ilmu Kesehatan Anak, Neurologi
5. Ilmu Kedokteran Jiwa
6. Obstetri dan Ginekologi
7. Ilmu Penyakit Mata
8. Ilmu Kesehatan Kulit dan Kelamin
9. Ilmu Kesehatan THT
10. Bedah Kepala & Leher
11. Ilmu Penyakit Jantung & Pembuluh Darah
12. Pulmonologi dan Ilmu Kedokteran Respirasi
13. Radiologi
14. Ilmu Kedokteran Forensik dan Medikolegal
15. Patologi Anatomik
16. Patologi Klinik
17. Orthopaedi dan Traumatologi
18. Ilmu Urologi
19. Ilmu Bedah Saraf
20. Ilmu Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi Medik
21. Ilmu Bedah Plastik
22. Ilmu Kedokteran Olahraga
23. Mikrobiologi Klinik
24. Farmakologi Klinik
25. Ilmu Kedokteran Okupasi.
Jenjang S3 (Doktor)
Program Doktor menempati area seluas 2,84 hektar yang berlokasi di daerah Salemba, Jakarta Pusat. Fakultas Kedokteran UI memiliki sarana penunjang kegiatan belajar dan mengajar seperti perpustakaan (buka 24 jam), pusat komputer & laboratorium untuk keperluan analisis dan praktek seperti laboratorium pendidikan dan penelitian.
Program-program studi S3 yang terdapat disini diantaranya adalah:
* Program Studi Ilmu Biomedik
* Program Studi Ilmu Gizi
* Program Studi Ilmu Kedokteran
2. Fakultas Kedokteran Gigi ( FKG )
Departemen
Fakultas Kedokteran Gigi UI (FKG) membawahi 8 departemen, yaitu:
* Departemen Bedah Mulut,
* Departemen Penyakit Mulut,
* Departemen Konservasi Gigi,
* Departemen Periodontologi,
* Departemen Prostodonsia,
* Departemen Orhtodonsia,
* Departemen Radiologi Ked.Gigi,
* Departemen Dental Material Ked.Gigi.
3. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam ( FMIPA )
Departemen
Biologi
Departemen Biologi FMIPA-UI merupakan pusat pendidikan dan penelitian konservasi keanekaragaman hayati dan didirikan dengan tujuan untuk meningkatan sumberdaya manusia yang mampu bersain di bidang ini. Sarana-sarananya diantara lain adalah Laboraturium Biologi Laut, Bio Perkembangan, Ekologi, Genetika, Fisiologi, Mikrobiologi, hingga Taksonomi. Peminatan di biologi antara lain : genetika, taksonomi, fisiologi hewan, fisiologi tumbuhan, mikrobiologi, ekologi, kelautan, biologi perkembangan
Pada jenjang S1 program studi Biologi terdapat program Sarjana Reguler; Jenjang S2 terdapat Program Magister Biologi dan Magister Kelautan; Jenjang S3 terdapat Program Doktor Biologi.
Farmasi ( akan menjadi fakultas sendiri )
Pada jenjang S1 program studi farmasi terdapat program Sarjana Reguler, kelas paralel dan Kelas Ekstensi.Untuk Jenjang Profesi terdapat program profesi Apoteker. Pada Jenjang S2 terdapat Pascasarjana Ilmu Kefarmasian yang terdiri dari peminatan teknologi farmasi, peminatan kimia farmasi/kimia medisinal, peminatan biologi farmasi dan peminatan farmasi klinik. 
Fisika
Departemen Fisika dan terapannya memiliki lima bidang studi kekhususan peminatan yaitu, Fisika Nuklir dan Partikel, Fisika Material dan Zat Mampat, Fisika Instrumentasi Elektronika, Geofisika, dan Fisika Medis dan Biofisika.
Pada Jenjang S1 program studi fisika terdapat program sarjana reguler, kelas ekstensi dan kelas paralel. Pada jenjang S2 dan S3 program magister dan doktor Fisika, terdapat program studi Ilmu Material. Sarana pendidikannya diantara lain laboratorium dasar yang terdiri dari Laboratorium Fisika Dasar, Laboratorium Fisika Lanjutan dan Laboratorium Fisika Modern.

Geografi
Pendidikan geografi disampaikan melalui pendekatan regional dan topikal. Bidang Fakultas dengan pendekatan di atas dapat ditinjau dari segi geografi fisik maupun dari geografi manusia dengan inti terdiri dari empat topik yakni kependudukan, geomofologi, klimatologi, kartografi, dimana geografi fisik menjadi keutamaan dalam pendidikan di jurusan geografi. Meskipun geografi fisik mendapat penekanan utama, jurusan tetap mendorong pengembangan geografi sosial maupun geografi regional penelitiannya maupun pengembangan kurikulumnya. Peminatannya yaitu: aplikasi geografi fisik, pengembangan wilayah (sosial), sistem informasi geografis dan penginderaan jauh
Saat ini pada program studi Geografi terdapat: Jenjang S1 Program sarjana reguler, Jenjang magister (S2) serta Jenjang Doktor (S3).

Kimia
Jenjang strata satu (Sarjana Kimia) di UI terdapat kelas reguler, ekstensi dan paralel. Jenjang strata dua (Magister Ilmu Kimia), dan jenjang strata tiga (Doktor Ilmu Kimia). Sarana diantara lain adalah perpustakaan dan fasilitas Laboraturium Kimia Dasar, Kimia Analitik, Kimia Fisik, Kimia Anorganik, Kimia Organik, dan Biokimia. Peminatan di kimia yaitu: kimia organik, kimia anorganik, biokimia,  kimia fisik, kimia analisis

Matematika
Departemen Matematika UI dilengkapi dengan sarana seperti Fasilitas Laboratorium Komputer dan Fasilitas Perpustakaan. Peminatannya yaitu: Aktuaria, komputasi, matematika murni, statistika, dan riset operasi
4. Fakultas Kesehatan Masyarakat ( FKM )
Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia atau disingkat FKM UI adalah salah satu fakultas dibawah Universitas Indonesia yang mempelajari tentang ilmu keselamatan dan kesehatan kerja (“K3”) yang merupakan bagian dari Ilmu Kesehatan Masyarakat.
Keilmuan K3 merupakan perpaduan dari multidisiplin ilmu antara ilmu-ilmu kesehatan, ilmu perilaku, ilmu alam, teknologi dan lain-lain baik yang bersifat kajian maupun ilmu terapan dengan maksud menciptakan kondisi sehat dan selamat bagi pekerja, tempat kerja, maupun lingkungan sekitarnya, sehingga meningkatkan efisiensi dan produktivitas kerja.
Departemen
-Ilmu Gizi
-Kesehatan Masyarakat dengan peminatan Biostatistik, Epidemiologi, Informatika Kesehatan, Kesehatan Lingkungan, Kesehatan Reproduksi, Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Manajemen Asuransi Kesehatan, Manajemen Informasi Kesehatan. Manajemen Pelayanan Kesehatan, Manajemen Rumah Sakit, Promosi Kesehatan.
5. Fakultas Ilmu Keperawatan ( FIK )
Pendidikan Ners di FIK- UI terdiri dari dua jenis program, yaitu Program Reguler yang diperuntukkan bagi mereka yang lulus dari SMU jurusan IPA. Sedangkan Program Ekstensi disediakan bagi lulusan D3 yang ingin melanjutkan pendidikan kejenjang Sarjana Keperawatan dan kemudian Ners. Mahasiswa program reguler aka menempuh 144 SKS (8 Semester) tahap akademik dan 25 SKS (2 Semester) tahap profesi untuk mendapatkan gelar ”Ners” (didepan nama) dan ”S.Kep” (dibelakang nama). Sedangkan untuk mahasiswa ekstensi membutuhkan minimal 4 semester (72 SKS) di tahap akademik dan 2 semester (25 SKS) di tahap profesi, untuk menjadi Ners.
Universitas Indonesia melalui Fakultas Ilmu Keperawatan (FIK UI) telah menghasilkan lebih dari 3552 Ners dan 773 magister &magister spesialis keperawatan. Lulusan tersebut telah bekerja sebagai perawat porfesional bahkan beberapa berhasil menduduki posisi penting di berbagai tatanan pelayanan kesehatan, insitusi pendidikan, institusi riset, dan tatanan lain yang memerlukan keahlian keperawatan. Kurikulum pendidikan Ners di FIK-UI juga telah diakui secara internasional. Hal ini dibuktikan antara lain dengan kemudahan yang didapatkan lulusan FIK-UI untuk mendapatkan Registered Nurse (RN), di negara-negara maju untuk kemudian bekerja dengan kualifikasi yang disamakan dengan perawat di negara tersebut. Permintaan dan kebutuhan pasar terhadap lulusan FIK sangat tinggi termasuk peluang bekerja di luar negeri seperti di Australia, Jepang, Belanda, Timur Tengah, Malaysia dan Singapura, dengan penghasilan yang sangat menarik.
Untuk memenuhi kompleksitas pelayanan keperawatan, sejak tahun 1999 FIK UI membuka program Magister & Magister Spesialis yang terdiri dari Jenjang Magister dengan kekhususan:
* Kepemimpinan & Manajemen Keperawatan
* Keperawatan Komunitas,
* Keperawatan Maternitas,
* Keperawatan Medikal Bedah,
* Keperawatan Jiwa,
* Keperawatan Anak.
Pendidikan profesi jenjang kedua (Ners Spesialis I) dengan kekhususan:
* Keperawatan Komunitas,
* Keperawatan Maternitas,
* Keperawatan Medikal Bedah,
* Keperawatan Jiwa,
* Keperawatan Anak.
Magister Kepemimpinan & Manajemen Keperawatan,
* Magister Keperawatan & Ners Spesialis Keperawatan Komunitas,
* Magister Keperawatan & Ners Spesialis Keperawatan Maternitas,
* Magister Keperawatan & Ners Spesialis Keperawatan Medikal Bedah,
* Magister Keperawatan & Ners Spesialis Keperawatan Jiwa,
* Magister Keperawatan & Ners Spesialis Keperawatan Anak.
Selain memiliki program pendidikan, Magister dan Spesialis, pada semester ganjil 2008 ini FIK UI segera akan membuka Program Doktor Keperawatan bagi lulusan Magister & Spesialis Keperawatan untuk mengembangkan IPTEK keperawatan di Indonesia.
Dengan program-program pendidikan yang dimiliki oleh Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, diharapkan akan menghasilkan perawat profesional yang mampu bersaing secara nasional, regional maupun global dan mampu mengembangkan IPTEK Keperawatan serta peka budaya untuk kesejahteraan masyarakat.
6. Fakultas Teknik ( FT )
FTUI terdiri atas tujuh departemen sebagai pengelola sumber daya akademik yang membawahi delapan program studi sebagai kesatuan rencana belajar berdasarkan suatu kurikulum teknik:
* Departemen/Program Studi Teknik Sipil
* Departemen Teknik Mesin/Program Studi Teknik Mesin dan Program Studi Teknik Perkapalan.Departemen Teknik Mesin adalah satu-satunya Departemen yang memiliki lebih dari satu Program Studi.
* Departemen/Program Studi Teknik Elektro
* Departemen Teknik Metalurgi dan Material /Program Studi Teknik Material
* Departemen/Program Studi Arsitektur
* Departemen/Program Studi Teknik Kimia
* Departemen/Program Studi Teknik Industri
7. Fakultas Hukum ( FH )
Di Fakultas Hukum Universitas Indonesia terdapat 7 (tujuh) program kekhususan (PK) yang merupakan penjurusan atau keahlian secara spesifik yang dapat dipilih oleh mahasiswa, yaitu:
1. hukum perdata
2. hukum pidana
3. hukum acara
4. hukum ekonomi
5. hukum tata negara dan hukum administrasi negara
6. hukum internasional
7. hukum dan masyarakat
8. Fakultas Ekonomi ( FE )
Departemen : Ilmu Ekonomi, Akutansi, Manajemen
9. Fakultas Ilmu Budaya ( FIB )
Program Studi S1 meliputi:
  1. Program Studi (PS) Bahasa dan Kebudayaan Korea
  2. Program Studi Belanda
  3. PS Ilmu Arkeologi
  4. PS Ilmu Filsafat
  5. PS Ilmu Perpustakaan dan Informasi
  6. PS Arab
  7. PS Sejarah
  8. PS Cina
  9. PS Jawa
  10. PS Indonesia
  11. PS Inggris
  12. PS Jepang
  13. PS Jerman
  14. PS Rusia
  15. PS Prancis
10.  Fakultas Psikologi ( FPsi )
Fakultas Psikologi (FPsi) UI terletak di kampus Depok. FPsi memiliki 6 bagian yang merupakan perwujudan cabang-cabang psikologi, yaitu:
  • Bagian Psikologi Perkembangan
  • Bagian Psikologi Pendidikan
  • Bagian Psikologi Umum & Eksperimental
  • Bagian Psikologi Industri & Organisasi
  • Bagian Psikologi Klinis, serta
  • Bagian Psikologi Sosial.
11. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik ( FISIP )
Program Studi :
  • Program studi ilmu Komunikasi
  • Program Studi Ilmu Politik
  • Program Studi Ilmu Administrasi
  • Program Studi Ilmu Kriminologi
  • Program Studi Ilmu Sosiologi
  • Program Studi Ilmu Antropologi
  • Program Studi Ilmu Kesejahteraan Sosial
  • Program Studi Ilmu Hubungan Internasional.
12. Fakultas Ilmu Komputer ( Fasilkom )
Departemen : -Ilmu komputer    – Sistem Informasi
13. Fakultas Vokasi
Vokasi UI memiliki 6 bidang studi yang terdiri 15 program studi jenjang Diploma III (D3) :
  • Bidang Studi Administrasi
  1. D3 Asuransi dan Aktuaria
    1. Bidang Keahlian Asuransi
    2. Bidang Keahlian Aktuaria
  2. D3 Keuangan dan Perbankan
    1. Bidang Keahlian Keuangan
    2. Bidang Keahlian Perbankan
  3. D3 Perkantoran dan Sekretaris
  4. D3 Perpajakan
  • Bidang Studi Akuntansi
  1. D3 Akuntansi Keuangan
  2. D3 Akuntansi Sektor Publik
  3. D3 Akuntansi Teknologi Sistem Informasi
  • Bidang Studi Kedokteran
  1. D3 Fisioterapi
  2. D3 Okupasi Terapi
  3. D3 Perumahsakitan
    1. Bidang Keahlian Manajemen Perkantoran Medik
    2. Bidang Keahlian Kesekretarisan Medik
    3. Bidang Keahlian Keuangan, Akuntansi, dan SDM Rumah Sakit
    4. Bidang Keahlian Pemasaran, Humas, dan Mutu Rumah Sakit
  • Bidang Studi Komunikasi
  1. D3 Penyiaran
  2. D3 Periklanan
  3. D3 Hubungan Masyarakat (Humas)
  • Bidang Studi Manajemen Informasi dan Dokumentasi
  1. D3 Manajemen Informasi dan Dokumentasi
  • Bidang Studi Pariwisata
  1. D3 Pariwisata
    1. Bidang Keahlian Usaha Perjalan Wisata
    2. Bidang Keahlian Perhotelan
    3. Bidang Keahlian Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition (MICE)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar